Selasa, 17 Juli 2012

Guru yang Efektif

Guru yang efektif (effective teacher) adalah yang dapat menunaikan tugas dan fungsinya ssecara profesional. untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional, diperlukan berbagai persyaratan seperti kompetensi akademik, kompetensi metodologis, kematangan pribadi, sikap penuh dedikasi, kesejahteraan yang memadai, pengembangan karier, budaya kerja, dan suasana kerja yang kondusif.

Karakteristik guru yang efektif sebenarnya mengandung banyak pertanyaan, mengingat tidak adanya kesepakatan di antara para guru, murid, orang tua, dan administrator tentang peran yang harus dimainkan oleh guru. Di lingkungan perguruan tinggi, ruang lingkup tugas guru (dosen) tercantum dalam "Tri Dharma Perguruan Tinggi",
yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat. Guru pada jenjang yang lebih rendah memiliki tugas yang tidak jauh berbeda dengan dosen di perguruan tinggi, bahkan menurut Supriyadi, sebenarnya tidak ada perbedaan yang asasi. Perbedaannya bukan terletak pada jenis peran yang dimainkan, melainkan pada intensitas peran yang dimainkan. Tampubolon menyebutkan gradasi intensitas peran guru berdasarkan jenjang pendidikan, yaitu sebagai orangtua/pendidik, orang tua/pengajar, pemimpin/manajer, produsen/pelayan, pembimbing/fasilitator, motivator/stimulator, dan peneliti/narasumber. Guru juga berperan sebagai administrator sekolah, supervisor, konselor. Secara umum, makin rendah jenjang pendidikan, semakin besar perannya sebagai pendidik dan pengajar, begitu sebaliknya.
(Sumber Pustaka: Strategi dan Metode Pengajaran oleh Marno, M.Pd dan M. Idris, S.Si.)

0 komentar:

Posting Komentar